-->

10 November 2013

Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Memperbaikinya - Hai sobat kali ini saya akan berbagi ilmu lagi yakni mengenai penyebab komputer tidak bisa booting dan bagaimana cara memperbaikinya. Sungguh tidak mengenakan ya sobat saat kita ingin mengerjakan sesuatu tiba-tiba komputernya tidak bisa menyala alias gagal booting.
Di bawah ini ada sedikit tips dari saya yang mudah-mudahan bisa membantu sobat dalam memperbaiki komputernya yang bermasalah.

Baca juga artikel lainnya--> Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Berikut penyebab laptop tidak bisa booting dan cara memperbaikinya :

1. Hardisk Tidak terdeteksi



Dikarenakan hardisk ini adalah sebagai media penyimpanan data, wajar apabila saat booting tidak berjalan dengan lancar karena data-datanya tersimpan dalam hardisk tersebut. Tanda-tanda hardisk tidak terdeteksi biasanya muncul tulisan "Disk Boot Failure". Nah bagaimana cara memperbaikinya ?, berikut caranya.
  • Cek kabel power pada hardisk, pastikan terpasang dengan baik
  • Jika memakai 2 hardisk yang salah satunya kabel IDE, cek apakah posisi jumper master dan slave sudah benar
  • Cek apakah hardisk sudah terdeteksi di Bios

2. Memory (RAM) bermasalah



Ram adalah media penyimpanan data sementara pada komputer. Jika RAM bermasalah tentunya komputer kita pun tidak akan berfungsi dengan baik. Ciri-ciri RAM bermasalah yaitu pada saat kita menghidupkan komputer maka terdengar suara beep, biasanya lebih dari 2 kali. Cara mengatasinya RAM bermasalah yaitu :
  • Lepaskan memori (RAM) sobat dalam komputer, bersihkan dengan penghapus (Lihat postingan Penyebab Laptop Mati Sendiri)
  • Pasang kembali memori (RAM) yang telah dilepas, pastikan terpasang dengan baik

3. Processor Overheat



Processor adalah otak dari komputer, yang mana berfungsi sebagai pengatur dari jalannya komputer. Saat kita menjalankan komputer, jika processor kita panas, maka proses booting terjadi berulang kali alias terjadi restart . Solusi dari processor overheat adalah
  • Cek pasta processor, apabila sudah kering tambahkan pasta processor. Biasanya penyebab dari processor panas adalah pasta processor kering akibat komputer yang usianya sudah lama dan terpakai secara terus menerus
  • Cek kipas processor, pastika berjalan dengan lancar

4. Sistem Operasi bermasalah

Untuk penyebab yang satu ini biasanya terlihat suka adanya Blue Screen "layar biru" pada monitor kita saat awal menjalankan komputer, dan pada akhirnya kita tidak bisa masuk ke dalam windows alias gagal booting. Itu tandanya sistem operasi kita bermasalah. Cara mengatasinya yaitu :
  • Repair Operating Sytem (Menggunakan DVD Windows)
  • Instal ulang komputer. 
Sekian penjelasan mengenai Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Memperbaikinya . Semoga bermanfaat

1 komentar:

Nice Post jangan Lupa kunjungi Balik Blog Saya
http://rentalsewalaptopsurabaya.blogspot.com/


EmoticonEmoticon