-->

04 December 2013

Pengertian Internet dan Sejarah Internet - Internet, siapa yang tidak mengenal dan tidak menggunakannya? Semua orang pasti pernah menggunakan internet untuk hiburan maupun bisnis. Saat ini internet menjadi alat yang tepat untuk semua kebutuhan bukan hanya untuk kalangan bisnis namun juga untuk remaja bahkan anak-anak. Sekarang hampir semua orang mengunakan internet dan apa pengertian internet tersebut hingga banyak orang yang kecanduan dengan internet? Internet merupakan jaringan dengan kemampuan pertukaran data sangat cepat untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya. 

Dengan menggunakan Internet Protocol Suite pada masing-masing komputer maka akan mudah bagi anda untuk mengirimkan data pada satu komputer ke komputer lain yang jarahnya berjauhan bahkan pengiriman data yang dilakukan internet sangat cepat sekali hanya dalam hitungan detik saja. 


Dari pengertian internet diatas, internet pada awalnya diinternet muncul sekitar tahun 1969 di Amerika Serikat . Daam suatu proyek yang diselenggarakan oleh Advanced Research Project pada tahun tersebut kemudian digunakan system yang berbasis UNIX untuk pembuatan IP. IP inilah yang sampai sekarang digunakan hampir semua orang . Dari penemuan tesebut kemudian mereka merancang internet untuk berbagai kebutuhan sekalipun dari awal internet hanya digunakan untuk dunia militer. Pada perkembangannya sejarah internet yang diawali oleh penemuan IP tersebut kemudian dikembangkan pada tahun 1972 dengan pembuatan e-mail. Hingga saat ini e-mail telah digunakan hampir semua orang untuk pengiriman data dari satu orang ke orang lain yang berjauhan jaraknya, bahkan anda bisa bekerja hanya dengan e-mail sekalipun tidak bertatap muka dengan klien. 

Sekitar tahun 1976 setelah sejarah internet membuat e-mail kemudian jaringan ARPANET di Amerika digunakan oleh lebih dari 100 komputer yang memungkinkan terbentuknya suatu jaringan internet. Perkembangan internet dari tahun 1972 hingga tahun 1973 internet yang dipelopori oleh ARPANET tersebut semakin berkembang dan semakin banyak orang yang menggunakan jaringan network. Perkembangan sejarah internet kemudian juga diramaikan oleh France Telecom pada tahun 1981 dengan peluncuran telepon televisi. Telepon televisi ini dilengkapi dengan video link sehingga penelphon bisa dengan mudah bertelephon ria. Setelah video link ditemukan maka pada tahun 1990 perkembangan internet bisa dilihat dengan adanya browser. Browser dan program editor yang ditemukan oleh Tim Berners Lee ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. 

Seperti saat ini banyak browser yang bisa anda pilih untuk mendapatkan berbagai informasi dan penjelajahan jaringan komputer yang telah terhubung. Saat ini anda mengenal www, inilah yang bisa membuat penjelajahan dan pencarian informasi di internet semakin mudah. Word Wide Web atau sering disebut www ini pada sejarah perkembangan internet sangat bermanfaat untuk kemajuan teknologi maupun untuk perkembangan internet selanjutnya. 

Setelah ditemukanya www kemudian apda tahun 1992 hingga tahun 1994 perkembangan internet semakin pesat hingga banyak orang yang menggunakannya. Setelah muncul www kemudian ditemukan pula e-retail pada internet dan Yahoo. Kemunculan beberapa bagian penting tersebut saat ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan pengguna internet lainnya sekalipun berjauhan jaraknya. Internet sangat penting bagi semua orang terutama bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua bidang membutuhkan internet tak terkecuali bisnis. Bila ada adalah salah satu pemeran bisnis online, dari sejarah internet hingga perkembangan internet saat ini, tentu menjadi keuntungan tersendiri saat anda menggunakannya. Internet mampu menjangkau semua wilayah yang sekalipun sangat jauh.

2 komentar

Kembali mengingat pelajaran TIK masa SMA dulu mas,perlu disegarkan lagi ini pikiran mengenai pengertian dan penjelasan internet.

Benar sekali mas, terimakasih sudah berkunjung. :)


EmoticonEmoticon