-->

10 March 2014

Macam macam perangkat lunak komputer dan fungsinya. Saat ini, perangkat lunak semakin banyak dan tak terhitung jumlahnya. Semakin menjamurnya perangkat komputer disetiap aktifitas kehidupan manusia, membuat semakin banyak pengembang yang mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai jenis kegiatan manusia. Perangkat lunak yang dikembangkan mulai dari hal yang mendukung pekerjaan seperti editing foto, perangkat Office sampai permainan. 

Sebelum membahas lebih dalam ada baiknya kita mengenal apa itu perangkat lunak. Perangkat lunak sendiri pada dasarnya adalah sekumpulan perintah atau instruksi yang ditulis oleh programer untuk dijalankan oleh perangkat komputer. Perangkat lunak ini sendiri berisi berbagai logika yang akan memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu. Perangkat komputer itu ibarat tubuh manusia, sedang keberadaan perangkat lunak itu seperti otak yang memerintah mata untuk membaca, tangan untuk memukul, atau kaki untuk berlari. 

Berbagai logika ini tadi kemudian diperintahkan untuk dieksekusi prosesor yang kemudian siap dikerjakan oleh komponen lainnya. Untuk itu keberadaan perangkat lunak sangatlah penting, karena dialah yang menjadi motor penggerak komputer untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia. Untuk itu akan lebih baik jika kita mengenal Macam macam perangkat lunak komputer dan fungsinya. 

Berikut Macam - macam perangkat lunak komputer dan fungsinya :

Perangkat Lunak Office 

Perangkat office ini adalah perangkat yang lunak yang digunakan untuk aplikasi perkantoran. Perangkat lunak office sendiri ada beberapa yang umum digunakan seperti untuk program mengetik, program untuk presentasi dan juga untuk pembukuan. Perangkat lunak Office sendiri ada banyak, namun hanya ada beberapa yang terkenal. 

Microsoft Office adalah salah satu program berbayar yang paling terkenal. Program ini adalah besutan dari perusahaan Microsoft. Perangkat lunak ini termasuk lengkap, yaitu terdapat MS Word untuk mengetik, Excel untuk pembukuan dan Power Point untuk presentasi. Masih banyak lagi fitur perangkat lunak Microsoft office tergantung berapa banyak uang yang ingin anda keluarkan untuk membelinya. 

Open Office adalah salah satu perangkat lunak Office yang opensource dan gratis. Ini adalah perangkat office yang paling terkenal, baik untuk OS Windows maupun Linux. Open Office sendiri sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan tugas kantor kita. Open office ini sudah bisa digunakan untuk sebagian besar kebutuhan kita akan perangkat lunak Office, seperti pembukuan, pengetikan maupun presentasi. 

Perangkat lunak Pemutar Video dan Musik 

Perangkat lunak pemutar video dan musik adalah perangkat yang berfungsi untuk menjalankan file video dan suara. File video dan Suara sendiri banyak jenisnya dan selalu berkembang seiring waktu. Sebagai contoh dari file video yang banyak digunakan adalah 3gp, flv, mp4 dan masih banyak lagi. Sedang file suara seperti mp3, aac dan lainnya. 

Contoh file pemutar video dan suara adalah, GOM Player. GOM player adalah perangkat yang termasuk lengkap untuk memutar berbagai file video dan suara yang bebas di unduh dan digunakan. Sedang untuk anda yang menggunakan komputer dengan platform Windows, maka sudah langsung disedian perangkat lunak Windows Media Player. 

Perangkat lunak Editing Gambar 

Perangkat lunak untuk pengolahan gambar sendiri banyak sekali saat ini, mulai dari program berbayar sampai gratis. Perangkat lunak pengolah gambar atau Editing adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk merubah suatu gambar menjadi gambar lain yang sesuai keinginan. Fitur dari perangkat lunak ini adalah seperti merubah warna, memburamkan gambar, mempertajam gambar sampai menghilangkan dan menggabungkan suatu objek gambar. 

Suatu contoh program editing gambar berbayar yang Adobe Photoshop. Ini adalah perangkat lunak Foto paling terkenal di dunia. Untuk membelinyapun tak akan murah, yakni hingga ratusan dollar. Namun fitur yang digunakan sesuai dengan yang harus anda bayar. Jika anda suka dengan yang gratisan, anda bisa mencoba perangkat lunak edit gambar bernama Photo pos Pro. Meski fitur tak sebanyak Photoshop, namun sangat cocok untuk anda yang baru belajar untuk mengedit foto. 

Itu tadi beberapa Macam macam perangkat lunak komputer dan fungsinya. Perangkat lunak sendiri memang sangat vital kegunaannya unutk komputer karena adalah nyawa dari perangkat komputer tersebut. Namun menggunakan terlalu banyak perangkat lunak dapat membebani perangkat komputer, sehingga harus menyesuaikan kemampuan komputer kita.

1 komentar:

Terima kasih banyak atas ilmunya, sangat bermanfaat sekali untuk dibaca.
DKI Komputer


EmoticonEmoticon