20 December 2015

Teknologi merupakan salah satu bagian yang akan terus mengalami perubahan. Kehadirannya sering dinilai memuaskan dan sangat mempermudah pekerjaan. Termasuk segala kegiatan yang terjadi di kepolisian.


Ada sejumlah teknologi canggih yang telah digunakan oleh kepolisian di dunia. Teknologi tersebut bukan tidak mungkin akan tersebar dan masuk ke negara kita Indonesia. Dengan demikian kepolisian kita akan tampak keren di masa mendatang. Lalu apa sajakah teknologi canggih kepolisian itu? Lebih jelasnya simak ulasan detailnya berikut ini.

1. Robotic Cops

Angkatan laut di Amerika Serikat adalah pencipta robot polisi ini. Jika Anda suka dengan serial populer Robocop, bentuknya hanpir mirip. Bedanya Robocop banyak digunakan untuk sailborg. Sedangkan robot polisi dikendalikan untuk jadi yang terdepan saat terjadi pertempuran.

2. Super Recognizer

Teknologi canggih satu ini tidak menggunakan alat atau perangkat keras. Hal yang di fungsikan ialah kemampuan manusia unik manusia itu sendiri. Dimana seseorang akan ingat selamanya wajah orang yang pernah dilihat. Kedengarannya mungkin aneh, tapi percayalah ada sekitar 200 orang unik ini telah direkrut oleh kepolisian London.

3. Pendataan Cepat DNA

Penyidikan adalah kegiatan kepolisian yang paling sering dilakukan. Dan dalam penyidikan itu biasanya polisi melakuka pendataan dan penelitian lewat DNA seseorang. Namun proses ini terbilang panjang dan lama. Menentukan data DNA butuh biaya besar dan sulit secara proses.

Tapi kini hal itu bukan masalah lagi. Kepolisian sudah banyak terbantu dengan hadirnya Quick DNA Profiling. Teknologi ini sangat membantu menyingkat proses identifikasi DNA. Waktu terlama hanya sekitar 1 jam saja.

4. Borgol Generasi Terbaru

Material yang sering dugunakan untuk penangkapan ini juga tak luput dari perkembangan teknologi. Saat ini sudaha da borgol yang dilengkapi kamera, mikrofon dan teknologi terkait. Borgol berteknologi canggih ini memungkinakn polisi memantau posisi dan kesehatan pada tersangka atau terpidana. Selain itu, bila terpidana melawan, borgol juga bisa menyetrum untuk melemahkan penggunanya.

5. Peluru Pelacak

Cara kerjanya seperti fi film-film populer yang melacak keberadaan tersangka yang kabur. Jadi, ketika penjahat kabur atau memberontak saat ditangkap bisa ditangani secara cepat lewat peluru pelacak.

Polisi cukup menembakkan peluru ke penjahat yang jadi target. Nah peluru yang menempel ke tubuh tersangka itu berfubgsi mengirimkan data posisi ke polisi. Semua proses ini dilakukan lewat perangkat lunak yang sudah saling terkoneksi.

6. Otopso Digital

Ketika terjadi sebuah kasus, otopsi kerap ditempuh untuk menguak sebuah fakta tersembunyi. Bila sebelumnya proses ini panjang dan rumit kini sangat terbantu dengan adanya otopsi digital.

Teknologi satu ini mengkombinasikan pemindaian CT dan MRI. Keduanya akan meghasilkan gambar 3 dimensi tubuh. Kemudian dapat dianalisis lebih cepat dan efektif oleh patologis.

7. Kamera Pemprediksi Penyerangan

Cara kerjanya seperti CCTV. Bedanya CCTV hanya merekam kejadian apa saja di lokasi tertentu. Sedangkan kamera canggih ini memiliki fungsi lebih banyak. Kamera bisa merekam dan mendeteksi masa depan. Khususnya peneyangan atau agresi yang akan terjadi. Dengan demikian kepolisian bisa melakukan tindakan lebih cepat dan efisien.

Melihat sejumlah teknologi canggih di atas bisa mengingatkan kita pada sejumlah film detektif dan kepolisian. Di film-film terbaru, polisi tampak sangat keren menjalankan tugas dengan beragam teknologi yang membantunya. Menariknya, semua itu bukan fiktif belaka dan telah benar-benar ada dan digunakan di dunia nyata.


EmoticonEmoticon