24 December 2015

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa lama sekali men-charger smartphone? Sudah berjam-jam tapi daya baterai belum juga terisi penuh. Ketika terburu-buru hal ini tentu jadi sangat menyebalkan. Apalagi jika tidak memiliki power bank dan harus menunggu lebih lama agar bisa mengoptimalkan penggunaan smartphone.


Jika Anda mengalami masalah ini jangan khawatir karena bisa dicari solusinya. Berikut akan dijabarkan apa saja penyebab lamanya pengisian daya baterai tersebut. Serta tips jitu mengatasinya. Langsung saja yuk kita bahas satu per satu.

1. Kondisi Kabel Buruk

Ada kemungkinan lamanya waktu charger karena kondisi kabel yang telah usang, robek atau buruk. Kerusakan pada kabel bisa terjadi karena terlalu sering ditekuk, ditarik dan ditancapkan ke colokan listrik setiap waktu.

Hampir 90 persen masalah lamanya men-charger disebabkan kondisi kabel. Jadi cobalah mengganti kabel dengan yang baru dan dalam kondisi baik.

2. Adaptor Buruk

Adaptor juga bisa jadi pemicu masalah ini. Bisa karena kondisinya sudah rusak atau adaptor tersebut memang memiliki output yang lemah. Tidak sesuai dengan kebutuhan smartphone Anda.

Untuk itu sangat disarankan menggunakan adaptor dari vendor smartphoe. Hindari penggunaan adaptor yang ilegal dan tak dianjurkan vendor smartphone. Jika Anda mengikuti aturan maka masalah lamanya pengisian baterai bisa terselesaikan.

3. Sumber Daya yang Lemah

Faktor lain penyebab lamanya waktu charger ialah sumber daya itu sendiri. Listrik dengan daya kecil dan penggunaannya dibagi-bagi akan memperlambat proses charger. Begitu pula jika Anda mencharger lewat PC yang tak didesain untuk mengisi ulang baterai. Atur ulang sumber daya listrik dan gunakan charger konvensional bila ingin lebih cepat.

4. Kualitas Baterai Menurun

Kondisi baterai sendiri juga sangat krusial dalam masalah ini. Baterai adalah pemeran utama kenapa lama sekali waktu men-charge. Kualitas baterai bisa memburuk ketika cukup lama digunakan. Itu artinya butuh perbaikan atau diganti. Bila baterai smartphone Anda bisa dilepas, belilah baterai baru yang cocok dengan smartphone Anda.

5. Aplikasi yang Berjalan di Background

Selain pernagkat hardware, masalah lamanya pengisian baterai juga bisa dipicu dari background. Aplikasi yang berjalan turut menyumbang masalah satu ini. Alasannya aplikasi berjalan itu memenuhi ram dan memakai kinerja CPU secara berlebihan. Aplikasi yang berjalan otomatis juga sering menghabiskan daya baterai.

Solusinya, sering-seringlah membersihkan recent apps dan megecek task bar. Bila ada aplikasi nakal yang tak mau dihibernasi coba di uninstal. Anda bisa meraakan perbedaannya saat mencharger smartphone.

6. Port micro USB Rusak atau Terhambat

Port USB yang kotor dan sering keluar masuk saku celana bisa rusak. Bisa saja port USB tersumbat debu dan menghambat arus listrik yang masuk. Jadi, coba bersihkan bagian port USB. Anda bisa memakai pembersih khusus yang ada di toko gadget atau menggunakan tusuk gigi. Hati-hati jangan sampai merusak.

Bila masalahnya dari port USB rusak bisa jadi karena pin di dalamnya yang bengkok. Bila begini tentu membutuhkan bantuan ahli atau diservice. Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri bila bukan ahli dan tak memiliki peralatan khusus untuk mengganti port USB.

7. Cara Anda Menggunakan

Masalah lamanya pengisian baterai juga bisa dipicu dari cara Anda menggunakan smartphone. Misalnya kebiasaan menggunakan smartphone saat sedang di-charge. Perlu Anda tahu layar yang terus menyala saat di charge akan memperlambat pengisian daya.

Layar smartphone yang menyala menggunakan daya listrik cukup besar. Biasanya itu sebanding dengan besarnya daya yang masuk ke smartphone. Jadi solusinya tergantung pada Anda. Jika ingin cepat terisi jangan digunakan saat smartphone di-charge.

1 komentar:

oh begitu ya gan, terimakasih berbagi ilmu yang bermanfaat ini


EmoticonEmoticon