-->

05 December 2014

Hallo sobat, kali ini saya akan membahas mengenai istilah istilah dalam internet dan pengertiannya. Internet atau dunia maya saat ini berkembang begitu pesat sama pesatnya dengan dunia nyata. Bahkan berbagai hal dalam dunia nyata mulai digantikan sedikit demi sedikit oleh aktivitas dunia maya, seperti bersosialisasi, belanja sampai rapat secara online.

Begitu majunya internet sehingga banyak sekali istilah dalam internet juga berkembang. Untuk itu ada baiknya kita coba memahami istilah istilah dalam internet dan pengertiannya agar tidak ketinggalan informasi. 

Banner 

Banner adalah sebuah gambar dengan ukuran tertentu dalam webpage yang memberikan suatu informasi dumana biasanya berupa iklan 

Chat

Chat Adalah sebuah program dalam sebuah perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan sepreti jaringan internet. Dengan program ini dua buah perangkat bisa saling mengirim pesan baik gambar atau media tertentu secara realtime.

Chatting

Chatting Adalah istilah jika seseorang sedang menggunakan program Chat. Dial-UP Adalah sebutan untuk koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon kabel.

Domain

Domain Adalah sebuah alamat di intenet yang berupa huruf, angka dan karakter tertentu yang biasanya mudah untuk diingat. Domain ini menggantikan IP yang berupa angka dan susah diingat dengan nama yang mudah diingat. Misalnya alamat IP 123.783.432.653, maka akan mudah diingat jika menggunakan Domain “namaku.com”.

Download

Download Adalah proses pengambilan atau pengkopian data yang berasal dari suatu server di jaringan seperti jaringan internet misalnya, ke komputer pengguna atau client.

E-commerce

E-commerce Adalah istilah yang digunakan untuk sebuah transaksi perdagangan yang dilakukan secara online.

Hacker

Hacker Pada awalnya adalah sebuah istilah yang digunakan untuk seseorang yang memiliki kemampuan lebih dalam membuat suatu perangkat lunak komputer dibandingkan orang rata - rata. Namun seiring berjalannya waktu, banyak juga yang menganggap bahwa hacker adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mencurangi suatu sistem seperti membobol keamanan, mencuri data atau mensabotase keamanan jaringan. Namun banyak juga yang menganggap hacker adalah istilah positif, sehingga seorang yang membobol keamanan atau merusak suatu sistem tidak pantas disebut dengan istilah Hacker.

Homepage

Homepage Adalah halaman awal yang ditampilkan sebuah situs ketika ia diakses pengguna.

HTML

HTML Kepanjangan dari Hyper Text markup Language adalah salah satu jenis bahasa pemrograman komputer yang biasanya digunakan untuk membuat halaman di website.

Internet Explorer

Internet Explorer Adalah program yang digunakan untuk membukan halaman – halaman di internet yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Intranet Adalah sebuah jaringan komputer layaknya internet namun hanya digunakan untuk keperluan lingkup yang lebih kecil seperti dalam kampus atau perusahaan. jika iternat bisa terkoneksi oleh komputer diseluruh dunia, namun intranet hanya terhubung dengan komputer dalam satu tempat saja.

ISP

ISP Adalah sebuah lembaga yang menyediakan layanan jaringan internet kepada komputer client.

Login

Login Adalah suatu keadaan dimana pengguna diharuskan melewati suatu proses otorisasi seperti memasukkan password atau lainnya, agar bisa masuk ke dalam jaringan yang dilarang untuk umum. Hal ini biasa ditemui di tempat seperti penggunaan akun email, media sosial atau lainnya.

Upload

Upload Adalah kebalikan dari download. Upload adalah aktifitas mengirim suatu data ke pada komputer server atau ke komputer client lainnya.

Username

Username Adalah suatu nama yang biasanya digunakan untuk masuk dalam jaringan yang dilarang untuk umum. Penggunaan user biasa ditemui di saat kita akan login ke email atau media sosial seperti facebook. Username tidak harus nama asli. Karena username digunakan untuk login ke dalam jaringan yang bersifat rahasia atau pribadi, maka biasanya username dibuat tidak sama dengan nama asli, agar tidak mudah ditebak.

Nah itu tadi beberapa istilah istilah dalam internet dan pengertiannya yang biasa digunakan di dunia maya. Semoga pembahasan ini bisa membantu sobat semua agar bisa memahami segala seluk beluk dunia internet lebih mudah lagi.


EmoticonEmoticon