25 December 2015

Setelah menggoda para penggemarnya lewat versi Technical Preview, Windows 10 akhirnya resmi rilis pada tanggal 29 Juli 2015. Sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini menghadirkan fitur-fitur fresh dan canggih untuk pengguna setianya. Selain itu, raksasa software tersebut juga menawarkan upgrade gratis selama satu tahun bagi mereka yang memakai Windows 7 dan Windows 8 (serta 8.1). Lantas, apa saja fitur yang akan Anda peroleh dari Windows 10?


1. Kembalinya Tombol Start

Salah satu keluhan yang sering dilontarkan pengguna Windows 8 adalah absennya tombol Start dari sistem operasi tersebut. Hal itu sepertinya didengar oleh tim Microsoft, karena Anda akan kembali menemukan fitur ini dalam Windows 10. Tampilannya akan mengingatkan Anda pada tombol Start pada Windows 7. Hanya saja, dikombinasikan dengan desain kotak dan tile ala Windows 8. Kembalinya Start pada versi terbaru Windows ini jelas menjadi kabar baik, sebab tombol ini menjadi ciri khas yang melekat pada Windows. Desainnya yang lebih simpel pun memudahkan Anda dalam mencari program atau aplikasi dalam Windows 10.

2. Cortana, Sang Asisten Digital

Asisten digital memang bukan fitur teranyar dalam ponsel pintar. Namun, lain ceritanya di dunia sistem operasi untuk komputer. Cortana, salah satu fitur terbaru di Windows 10, merupakan asisten digital pertama bagi personal computer. Sebelumnya, Cortana sudah lama hadir di ponsel berbasis Windows Phone. Kemunculannya di Windows 10 jelas akan memperudah Anda dalam melakukan aktivitas, seperti mencari fail atau program, hanya dengan mengucapkan namanya saja. Cortana juga akan mengingatkan Anda dengan asisten digital dalam film Her. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin ia memahami sang pengguna. Cortana bahkan bisa melontarkan lelucon untuk Anda.

3. Microsoft Edge, Pengganti Internet Explorer

Anda pasti pernah menggunakan browser Internet Explorer (IE). Namun, munculnya browser-browser lain seperti Chrome dan Opera membuat popularitasnya turun drastis. Bahkan banyak yang meledek kinerja IE yang terbilang lemot. Untuk menggantinya, Microsoft Edge lahir sebagai reinkarnasi dari IE. Sepintas, browser bawaan Windows 10 ini tidak jauh berbeda dengan IE. Meski begitu, Microsoft telah menyiapkan berbagai fitur yang akan membuat Anda tercengang. Salah satunya adalah Anda melakukan pencarian dengan suara, karena Microsoft Edge bekerjasama dengan Cortana. Akses lamannya pun lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

4. Hadirnya Virtual Desktop

Fitur ini cocok bagi Anda yang kerap menggunakan banyak program dan aplikasi pada komputer. Kadang, Anda bingung sendiri karena tanpa sadar sudah membuka banyak desktop serta ikon, sampai pusing mencari mana yang akan dipakai. Dalam Windows 10, beban tersebut dapat berkurang dengan bantuan Virtual Desktop. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur program atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, desktop kesatu untuk pekerjaan, kedua untuk games, dan berikutnya untuk multimedia. Pengaturan ini tentunya akan mempermudah Anda dalam pencarian, sehingga tidak akan menghabiskan waktu terlalu lama.

5. Pakai PC atau Tablet dengan Continuum

Continuum sangat cocok bagi Anda yang memakai tablet atau laptop hibrida berbasis Windows. Dengan fitur ini, Windows 10 dapat mengetahui jika penggunanya memakai PC atau tablet. Keuntungan lebih akan diperoleh bagi mereka yang menggunakan laptop hibrida, karena mereka bisa memakai mode desktop atau tablet secara bergantian. Sekilas, penampilan Continuum mirip dengan sistem operasi Windows 8 yang mengandalkan fitur touchscreen friendly.


EmoticonEmoticon