21 December 2015

Mobile phone atau lebih populer disebut smartphone bukan lagi barang mewah di Indonesia. Penggunanya terus bertambah tiap tahun dan sulit dihitung berapa total jumlahnya. Semua kalangan diketahui sudah memiliki smartphone. Dari anak-anak di sekolah dasar sampai kakek-nenek bisa mengoperasikan smartphone. Dari tukang, sopir hingga kalangan fashionista kerjaannya bisa memiliki smartphone satu atau lebih.

Mereka tak bisa lepas dari smartphone dan suka memainkannya. Misal untuk nge-game, foto, update jejaring sosial dan sebagainya. Fenomena inilah yang menarik bila dilakukan riset. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan teknologi kenamaan intel.

Dari hasil survei, mereka membagi pengguna smartphone di Indonesia dalam 5 kasta. Riset ini memang khusus user aktif smartphone dan berlanglangsung selama 3 bulan. Ada sekitar 1600 orang yang turut berpartisipasi. Penasaran dengan kasta-kastanya? Langsung saja yuk kita bahas di bawah ini. Lalu coba temukan, Anda masuk dalam kasta yang mana.

1. Rakus Data

Kasta pertama adalah si rakus data. Dari survei diketahui sebanyak 20 persen user smartphone masuk kasta ini. Pengguna mampu mengkonsumsi data hingga 249 MB dalam sehari. Besaran data itu sudah termasuk koneksi WiFi (melebihi 109 MB) dan layanan data dari operator (10 MB).

Mereka yang berada di kasta ini umumnya sangat suka memuka YouTube, Vimeo, Playstore dan masih banyak lagi. Dimana aplikasi-aplikasi tersebut terkenal menguras banyak kuota internet.

Secara waktu penggunaan, golongan ini bisa menghabiskan waktu lebih dari 126 menit. Khususnya di malam hari dan jam istirahat.

2. Bintang Sosial

Anda pasti sudah bisa menebak maksudnya. Ya, apalagi kalau bukan kegemaran orang-orang tertentu super aktif di jejaring sosial. Mereka suka mengupdate informasi, memposting status, foto dan sebagainya di sejumlah jejaring sosial. Beberapa aplikasi yang wajib dimiliki kasta ini antara lain Facebook, Twitter, Instagram dan Path.

Lalu, didala kasta satu ini masih terbagi dalam beberapa golongan. Seperti user yang suka jadi silent reader, like mania dan sebagainya. Jika dijabarin akan sangat panjang karena golongan ini paling variatif.

3. Pembicara

Sebutan lain untuk kasta satu ini ialah kelompok orang-orang cerewet. Mereka bisa menghabiskan waktu lebih dari 10 menit per hari untuk menelepon. Baik itu menggunakan pulsa operator atau lewat aplikasi jejaring sosial yang memakan kuota internet.

Energi yang dimiliki user di kasta ini patut diacungi jempol. Bayangkan saja Anda menelpon seseorang dalam waktu 10 menit lebih. Kegiatan menelepon itu dilakukan pada 5 atau lebih orang. Entah itu pada kekasih, orang tua, teman dekat atau rekan bisnis.

4. Awam

Untuk kasta satu ini adalah user yan terkenal cuek dalam memanfaatkan keunggulan smartphone. Mereka hanya menggunakan ketika benar-benar diperlukan dan hanya membuka aplikasi-aplikasi umum. User di kasta ini paling lama menghabiskan waktu 108 menit sehari. Waktu itu pun adalah yang paling maksimal.

Menurut Intel, kasta ini banyak dihuni oleh orang-orang yang berusia di atas 36 tahun. Smartphone fungsinya lebih hanya untuk telepon dan sms.

5. Gamers

Seperti namanya, user di kasta ini lebih banyak menggunakan smartphone untuk menakhlukkan sejumlah game. User di kasta ini bisa bermain game hingga 91,2 menit per hari. Itu yang paling cepat dan terlama bisa sampai 360 menit dalam sehari.

Penggunaan data untuk nge-game juga sangat tinggi diatas 179 MB sehari. Game-game populer yang banyak disukai kasta ini seperti COC Hay Day, Let's Get Rich dan masih banyak lagi.


EmoticonEmoticon