23 December 2015

Kuota internet atau paket data merupakan hal yang wajib ada bila ingin mengoptimalkan penggunaan smartphone. Pengguna bisa mendapatkannya dengan paket harian, mingguan atau bulanan. Akses data pun semakin cepat dengan banyaknya operator yang ada di jaringan 3G dan 4G.



Namun, kecepatan mengakses kadang membuat pengguna lebih boros menghabiskan kuota internet. Paket data yang harusnya bisa dihabiskan dalam sebulan, sudah habis hanya sekitar dua minggu. Hal semacam ini sering pengguna smartphone. Itulah mengapa banyak yang lebih menyukai paket data unlimited. Tapi tak semua orang menyukai paket itu karena banyak batasan yang diterapkan.

Nah, jika Anda ingin menghemat kuota di smartphone, tanpa daftar unlimited coba simak ulasan berikut. Ada sejumlah trik yang bisa Anda coba, seperti:

1. Manfaatkan Chrome Data Server

Berselancar di search engine dan menjelajah banyak hal di internet merupakan aktivitas paling sering dilakukan pengguna smartphone. Agar aktivitas ini tak memakan banyak kuota, manfaatkan saja peramban google chrome yang canggih.

Namanya chrome data saver yang membantu Anda menekan pemborosan kuota. Fitr ini mengompres seluruh lalu lintas data di smartphone dan cukup efektif. Untuk mengaktifkannya, masuk saja ke pengaturan chrome. Kemudian atur posisi  'on' atau pilih opsi data saver.

2. Matikan 'Singkronisasi' yang Tak Dibutuhkan

Sinkronisasi memang baik untuk selalu mengupdate aplikasi, namun menguras banyak kuota. Bila ingin lebih hemat nonaktifkan sinkronisasi. Khususnya pada aplikasi yang tak butuh di update terlalu sering. Seperti fitur calender, dokumen, goole drive dan sebagainya. Jadi atur sinkronisasi di akun Google dan aplikasi lainnya sesuai kebutuhan.

3. Atur Limit Data

Tahukah Anda Google merancang OS Android yang membantu pengguna smartphone konsumsi datanya? Untuk mengaturnya, masuk ke menu pengaturan dan pilih penggunaan data. Aktifkan 'setel batas data' dan lihat info grafik di bawahnya. Pakai garis horizotal untuk mengatur akses kuota. Nantinya Anda bisa melihat akses penggunaan sehari-hari dan dapat pemberitahuan jika kuota mendekati batas.

4. Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Banyak Kuota

Trik lain untuk menghemat penggunaan paket data ialah melakukan identifikasi. Cara termudah ialah buka penggunaan data di menu pengaturan. Scroll ke bawa dan Anda akan melihat banyak aplikasi yang sedang berjalan. Lihat seberapa banyak aplikasi-aplikasi di smartphone menyedot paket data.Jika ada aplikasi kurang penting tapi boros kuota, Anda bisa meg-uninstall agar lebih hemat.

5. Batasi Pembaruan Aplikasi

Semua aplikasi yang terpasang di smartphone Anda selalu mengalami pembaruan. Beberapa diantaranya mewajibkan untuk diperbaharui bila ingin aktivitas berjalan lancar. Pembaruan ini terjadi cukup sering dan banyak sekali mengambil kuota.

Jadi matikana automatis pembaruan di smartphone Anda. Pilih saja opsi pembaruan hanya ketika sedang tersambung ke WiFi. Caranya masuk ke google play store dan pilih setelan. Ada 3 pilihan yang bisa Anda pilih untuk memperbarui aplikasi. Pilih otomatis pembaruan hanya lewat WiFi.

6. Pakai YouTube Offline

Menonton video di YouTube adalah kesenangan tersendiri yang menguras banyak kuota. Jika ingin berhemat batasi nonton video online. Di YouTube sudah ada fitur lihat video offline yang bisa dimanfaatkan. Anda bisa memilih video yang ingin dilihat tanpa memakai kuota data.

Caranya hubungkan dulu smartphone ke WiFi Hotspot. Buka YouTube dan pilih video yang ingin dilihat. Pilih opsi tanda panah ke bawah lalu klik tambahkan offline video. Setelah itu kembali ke pengaturan dan buka opsi offline video. Matikan WiFi dan Anda sudah bisa melihat video kesukaan berkali-kali tanpa menyedot banyak kuota.


EmoticonEmoticon