-->

05 September 2013

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer - Hai sobat kali ini saya akan membahas mengenai kategori penyimpanan komputer yang mana ini ditujukan bagi yang baru mengenal komputer terutama dengan macam macam alat penyimpanan. Tentunya alat - alat penyimpanan semua ini berfungsi sebagai penyimpanan data yang bisa dibaca atau dibuka seperti laptop atau notebook.

Disini terdapat 2 kategori media penyimpanan dan beberapa macam alat penyimpanan komputer, diantaranya : 

  • Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media) 
Media penyimpanan magnetik bersifat non volatile artinya data tersimpan dalam media penyimpanan meskipun sudah tidak ada daya listrik yang mengalir. Ada beberapa media penyimpanan Magnetik dianataranya :

1. Hardisk
Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Hardisk)

Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.

Ada beberapa jenis hardisk yang dapat kita ketahui, diantaranya : hardisk ATA, SATA, dan SSD. Selengkapnya untuk hardisk bisa di baca pada postingan saya di Jenis-jenis Hardisk.

2. Flashdisk
Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Flashdisk)

Seperti yang kita tahu, flashdisk merupakan alat penyimpanan yang paling mudah dibawa kemana-kemana, karena ukurannya yang relatif kecil. Tidak hanya itu, meskipun ukurannya kecil flashdisk mempunyai memori atau tempat penyimpanan yang lumayan besar, ada yang 2GB, 4GB, bahkan sudah ada yang mencapai 1TB atau 1024 GB.

Nama lain dari Flashdisk sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, Pocket Drive.

3. Floppy Disk

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Floppy Disk)


Floppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB. Sobat sudah pernah mencoba disket.?, kalau saya sendiri belum pernah memakai, hanya sekedar tahu saja bentuknya gimana. ^_^

  • Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)

1. CD

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (CD)

CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB.

2. DVD

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (DVD)

DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB.

3. Blue Ray

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (Blue Ray)

Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.

4. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)

Macam macam Alat Penyimpanan pada Komputer (FM Disk)

Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer.

 Untuk lebih jelasnya mengenai penyimpanan optical bisa dibaca postingan saya di : Macam Macam Optical Disk


Sekian pembahasan saya mengenai Macam macam Media Penyimpanan Pada Komputer. Semoga bermanfaat.

19 komentar

Wah gan post nya menarik.. izin copas boleh?. mampir and join my site juga dong ya. www.fadcooe.blogspot.com

Silakan gan, asalkan cantumkan sumbernya yaa..

Hardisk aku partisi D: malah rusak mad kena badsector, bingung deh mau digimanain juga, jadinya partisi D dibiarin gitu aja 100Gb. Eh mad, bantuin cara naikin trafik blog lah .. bingung, mau buat blog baru. yang aayuda.com mau ditutup soalnya

Udah dicek blum a yud.?, klik kanan drive D->properties->tools->check now->centang dua"nya->start.

Haha..ini juga masih nyubi a yud, baru ganti template jadi turun deh trafiknya.heu..
oya tipsnya mah cuma posting aja koo, tapi yang suka di search orang, n postingannya gga kopas, disaranin >500 kata, terus pake autoping byar postingannya kbaca mbah google. Oya template seo friendly juga berpengaruh.

Udah lama gak ngeblog mas, cuma bisa posting, posting pun kurang dari 500 kata, hahah. Yang aayuda.com gak bakal diperpanjang, postingannya juga banyak yang mau dihapus. Soalnya emang yang aayuda.com itu udah ditest cepat index nya juga lama. Jadi bener-bener buat baru deh. What should I do?

Oh iya, untuk yang hardisk mah udah pernah check gitu, pake hdtune pro juga banyak bad sectornya, ada 2gb an T.T sayang banget nyebar di 100gb partisi D:

Mnding pertahanin yang udah ada aja a yud, soalnya index google juga ngaruh sama umur blog kita, gpp sii blogspot lagi juga. hehe

Oh..ssah att ar tos nyebar kitu mah.hehe

gan... bukanya Flashdisk itu media penyimpanan elektronik...

mantap sekali
untung ada ini kalo gak gk siap tugasku :)

Yups, hardisk, cd, floppy disk juga media penyimpanan elektronik, yang jadi perbedaan adalah jenisnya saja. :)

ijin copas buat materi presentasi. :D

thanks untuk artikelnya , sangat bermanfaat :)

Thank you buat artikel nya. sangat bermanfaat

terimakasih gan. salam kenal
http://materitik78.blogspot.com/

alhamdulillah selesai juga pekerjaan nya ali as pe er NYO

MKASI YA.. bissa tdr..dah sekarang :)

merek flash disk yang bagus apa???

merek flash disk yang bagus apa???


EmoticonEmoticon