09 January 2013


Apa sih Manfaat NgeBlog.? - Sobat yang baru mulai ngeblog pasti banyak bertanya apa manfaat ngeblog atau istilanya ngoprek blog, hanya buang-buang waktu saja, benar kan.?, tapi disini saya akan menepis anggapan itu, dengan berbagai manfaat atau kegunaan ngeblog itu sendiri.



Memang awal-awal terasa sangat membosankan ngeblog itu, saya juga demikian. Awal saya kenal blog itu tahun 2010-an. Pertama kali login pada akun blog tidak ada hal yang istimewa, mau apa saya disini, posting males lah, ngoprek desain males lah, dan akhirnya saya logout lagi. Sampai tahun 2011 saya meninggalkan apa itu yang namanya blog.

Tapi, saat saya tengah menjalani aktifitas kuliah tepatanya pada tahun 2012, banyak sekali orang yang menggunakan blog atau website sendiri. Saya jadi penasaran apa sih manfaat ngeblog, disidik-sidik tiap orang punya alasan masing-masing, ada yang sekedar hobi saja, ada yang untuk bisnis, dan lain sebagainya. Saya pun mencoba untuk belajar blog, sampai saat ini saya terus ngeblog dengan berbagai manfaat yang saya dapatkan, diantaranya :

1. Sobat bisa sharing ilmu dengan blogger di luar sana.
Yup, banyak sekali blogger berkelian di dunia maya, sobat bisa mencari kriteria blog yang sesuai dengan pembahasan blog sobat sendiri sebagai acuan dan perbandingan dalam mengembangkan blog.

2. Menjalin silaturahmi antar sesama blogger.
Tanpa adanya bloger-bloger diluar sana, blog sobat tidak ada apa-apanya, mulailah setiap sobat berkunjung di blog orang lain dengan berkomentar di dalam blognya ataupun sekedar sapa-sapa saja. Dengan adanya obrolan sederhana seperti itu, blog sobat setidaknya akan dikunjungi balik oleh blog yang sobat sapa tadi.

3. Kepuasan tersendiri
Pada hal ini, ada kepuasan tersendiri jika sobat ngeblog, diantaranya membuat suatu postingan yang banyak pembacanya, tidak ada salahnya kita berpromosi postingan ke blog orang lain asal sesuai prosedur dan aturan yang berlaku dalam blog yang sobat kunjungi.

4. Blog Untuk Bisnis
Nah untuk yang ini sobat bisa fokuskan blog untuk bisnis, salah satunya dengan memasang iklan di dalam blog sobat. Pundi-pundi uang mengalir, sobat jadi semangat dalam ngeblog.

5. Melatih kemampuan mengetik dan menambah wawasan.
Hal ini saya rasakan sendiri sejak saya foukus ngeblog, kemampuan mengetik saya menjadi meningkat dan wawasan saya di dunia blog juga semakin bertambah. Dengan melihat blog-blog di luar sana dengan topik yang berbeda-beda, akan menambah ilmu untuk kita sendiri..

Kita ngeblog tidak harus setiap saat membuat postingan, tapi alangkah baiknya juga postingan sobat banyak dan bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.

Sekian curhatan saya mengenai Apa sih Manfaat NgeBlog.?Intinya jangan berhenti ngeblog sobat, karena banyak sekali manfaaat yang kita dapatkan dari ngeblog.

21 komentar

Kalo kamu ngeblog karena apa mad? :D
abi ge sok masih males puguh ngeblog teh, itu pun kalo ada tugas, mana sayang udah beli domain -___-

kan itu aa yuda udah disebutin mpe 5, smuanya dituangin disana.
hehe..

Manfaatin yud, domain sendiri bisa dijadiin bisnis tuh...

Kunjungan balik, mantap blognya

Thx sob, blog agan juga mantap. :)

aku juga baru nih dalam dunia blogger..n jujur aja masih bingung gunainnya kayak apa n manfaatnya kayak apa... tapi dari dulu saya pengen banget punya blog..dan skedar berbagi pengalaman ma blogger lain..

Tapi skarang udah punya kan.??
hehe..

aku juga baru,, masih gak ngerti gimana gunainnya.. :)

Tentuin dlu tjuannya buat apa, klo untuk curhat bikin artikel tentng kehidupan sehari" kmu, klo utk berbagi ilmu bikin artikel sesuai dengan kemampuan yg kamu mliki. Sipp. :)

Pengen sih punya blog, tapi mnurutku srasa ga penting aja

Kecuali kalo aku berbisnis ato semacamnya
Selain itu krn Gaktau mw diisi apa blogku

Coba mulai dari curhat" gtu, share k.temen fb atw twitter atw ssma blogger, nnti jga bakal dapet ksnangan ngblog. :)

nice posting, saya baru tahu ternyata ada banyak manfaat ngeblog ya selain bikin jari keriting, hehe
kalau ada kesempatan mampir ke blog ku yuk ngopi-ngopi sambil makan pisang goreng ;D, maklum newbie,
dunia-bunda-dan-anak.blogspot.com

Sipp sist. :D Memang banyak banget manfaat ngeblog, jangan bosen" deeh ngeblog..
hehe..

i think your web very informative,.thanks for sharing information by
Peluang Bisnis Anak Kampus

Bener gan, ane setuju :D salam blogger

Kalau aku sih blog itu buat nampung tulisanku ,mulai dari puisi,cerpen bahkan diary ku. Yang biasanya aku tulis di buku,baru-baru ini mulai belajar jdi blogger. Salam blogger !!! :D

Wiih...berbakat jadi penulis buku nih. hehe. :D Salam blogger juga.

Saya hadir saya baru bikin blog.. tapi saya mau blajar nge blog untuk kepuasan diri bisnis dan belajar mendesain...

Kunbal di blog saya yg baru lahir kemarin sore oji666.blogspot.com

Makasih brorr...

Sepakat dengan mas Achmad, bahwa ngeblog itu memiliki manfaat dan manfaatnya itu sesuai niat awal blogger tsb. Seperti saya yg ngeblog karena suka dunia menulis, maka manfaatnya tulisan sy dibaca banyak orang. Salam hangat untuk semua dari Anwarizcom


EmoticonEmoticon