-->

03 December 2012

Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya- Hallo sobat, sudah seminggu lebih nhi saya tidak posting, biasa lah ngurusin kerjaan yang tidak beres-beres, baru sekarang bisa posting lagi. (hehe..malah curhat ^_^). Postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman berkaitan dengan Laptop Mati Sendiri, sungguh tidak mengenakan ya sobat saat kita lagi enak-enaknya mengerjakan tugas atau bermain game, eh..laptop mati sendiri. Di dalam hati bertanya-tanya kenapa ya nih laptop.?, padahal kemarin-kemarin tidak begini, itu yang saya rasakan saat laptop mati sendiri. Kalau yang gagal booting beda lagi ceritanya, sobat bisa lihat postingan saya yang Penyebab Laptop Tidak Bisa Booting .

Tapi sobat jangan hawatir, ada beberapa solusi yang saya dapatkan saat laptop mati sendiri, berikut beberapa penyebab laptop mati sendiri.

1. RAM Bermasalah




Ram merupakan posisi yang cukup penting dalam sebuat komputer/laptop yaitu tempat penyimpanan sementara data, jika RAM nya bermasalah maka program tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Kadang-kadang setiap laptop berbeda permasalahnnya, mungkin penyebab laptop mati permasalahannya berada di RAM. Jika sobat tahu tentang dalaman laptop, coba bongkar dalaman laptop kemudian ambil RAM nya tersebut, bersihkan temabaga RAM nya tersebut dengan Penghapus . Cukup dengan berishkan perlahan-lahan tembaganya dengan penghapus, lihat perbedaannya, tembaga ram akan menjadi lebih bersih. Kemudian tancapkan lagi dan jalankan, semoga laptop tidak mati sendiri lagi.

2. Banyak Kotoran dan Debu di dalam Laptop


Masalah ini sangat sepele tapi berakibat fatal pada laptop sobat, laptop bisa mati sendiri, overheat alias kapanasan. Jika sobat bisa membongkar laptop/komputer, bersihkan laptop tersebut dengan kuas, terutama di bagian kipas dalam dan saluran pembuangan udara. Biasanya, laptop sobat bermasalah mati sendiri akibat tersumbatnya saluran udara dan kipas dalam, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


3. Pasta Prosesor Kering


Nah..ini dia yang sering terjadi jika laptop sobat sudah berumur lama, pasta prosesor akan menjadi kering, akibatnya panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir dan laptop akan mati sendiri. Solusinya, jika sobat tahu tempat dimana letak prosesor tersebut, buka tempatnya, kemudian oleskan Pasta Prosesor secara merata. Jika sobat tidak tahu tempatnya, jangan sekali-kali membuka tempat prosesor tersebut. Harga pasta prosesor relatif murah, bisa didapatkan di toko-toko komputer terdekat.


4. Sistem Operasi Bermasalah

Untuk yang satu ini sobat gga perlu hawatir, tinggal install ulang saja laptop sobat dengan sistem operasi yang baru, sesuaikan juga dengan spesifikasi laptop sobat.  Penyebabnya bisa saja ada program yang crash, sering terjadi restart ulang pada laptop.

5. Mainboard Rusak

Nah..kalo masalah yang satu ini susah untuk ditanggulangi, jika penyebab pertama sampai ke empat sudah dilakukan dan tidak ada solusinya, maka sobat coba bawa ke tukang service untuk mengeceknya kembali. Biasanya mainboard bermasalah akibat umur laptop sudah lama dan laptop sering dipakai terus-terusan. Ganti mainboard dan membeli laptop baru harganya tidak terlalu jauh, sobat harus pikir-pikir lagi untuk mengganti hardware yang satu ini.

Oh iya sobat satu lagi, jangan lupa memakai Cooling Pad saat memakai komputer/laptop, biar laptop tetap terjaga suhunya.

Komputer sobat  gagal booting ? Lihat postinga saya mengenai Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting

Sekian pemabahasan tentang Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat. :)

108 komentar

kk nanya dong ,, laptop ane ram 2gb , i3 . trus pas ane maen game(apapun) trus fan ane kayak muter kenceng gitu , tiba2 mati sendiri laptop ane ,.. gmn tuh kk? debu di fan udh ane bersihin.

Mungkin banyak aplikasi yang jalan ham, coba uninstall aplikasi-aplikasi yang gga perlu, soalnya bakal ngeberatin kerja laptop, jadi si fan juga kerjanya kenceng kalo terlalu banyak aplikasi yang jalan.. Semoga membantu. :)

Nah itu masalahnya soB, Antum tidak berani bongkar2 laptop karena belum pernah. Lagian bukan laptop sendiri, maklum laptop pentaris soB. hehe

antum.?, ke saya donk, ane gtu gan. :)

Iia ini jga laptop saya, jadi berani buat bongkar-bongkarnya. :)

Laptop pny Q jga sering mati gtu klo dipake mbil ngechager jdi klo mo pke tu laptop hrus dichager dlu mpe penuh ru bisa dipke :-( apa penyebabY jga sma ma yg dijelasin diatas? watt listrik rumah ngaruh g sih coz di rmh cuma 900 watt ja?

Bisa aja gan dari listrik, ane juga pernah gtu, mkannya cari yang watnya rendah. :) Tapi biasanya jarang klo gara" listrik, soalnya charger kita udah disetting berapa watt yang masuk ke laptop kita.

gan,laptopku toshiba L510,tadi ni pas aku bwt nontn film dia tba2 mati sndiri,yg prtama indikator charger msh nyala,q nyalain kn gak mw,trus q cpot batere nya kunyalain lgi mau nyala,hbs gtu selang 10menit nyala dy tba2 mti sndiri,n saat kunyalain lgi jga ga ada respond,lmpu indikator chargernya jga ga nyala,tu knapa gan??kmaren dulu sh laptopku udh prnah rsk,motherboardnya yg kena,tpi bsa d benerin n sembuh,tpi kok ini mati tba2 gni,knp ya gan kra2?makash

nyala sendiri gga gan.?, coba aja mulai dari ram bersihin, trus tambahin pasta prosesornya, bisa jadi kering gan heatsink nya...

ga bsa nyala gan,ane pncet2 power button nya ga ada respond apa2,waduh,ga bsa buka laptop gmn dong gan?

wah..coba ke tukang service aja, ada masalah di motherboardnya tuh..

laptop baru yg mirip2 kyk gtu, jadi pas ngerjain makalah sambil dengerin winamp tros tiba2 semuanya macet dadakan. selang 1-2menit eh mati. tros beberapa detik kmudian nyala sendiri.. gmna tuh kak?

Kepanasan mngkn sist, pake cooling pad aja dulu, klo saya sii terakhir kena heatsinknya..

Laptopku gak mati dadakan, cuma suka shut down sendiri.
Pas lagi ngetik makalah tau-tau shutdown sendiri, dinyalain lagi bisa tapi beberapa menit kemudian shutdown lagi.
Itu kenapa ya kak? :(
Galau tugas ilang mulu, mau bongkar laptop gak tau.
Padahal ini beli laptop belum 3 bulan.

Sistem nya itu mas, mgkn dari OS nya. coba install ulang aja..

apakah suhu laptop dapat mempengaruhi?

Bisa mas, klo terlalu panas nanti laptop bisa restart sendiri..

masih bngt kang atas sharing pengetahuan, semoga ilmunya bermanfaat

gan kalo laptop ane di biosnya sih ada tampilannya tapi ke desktop mati sendiri itu gimana gann solusinya?

Mgkn masalah di OS nya gan, coba install ulang z.. :)

gan laptop ane bru 1 taon dan ga' da pengalaman bongkar laptop. klo 1 taon kan garansinya masih ada ditempel klo ane ato tkg service bongkar buat bersihin kyak di atas dong garansi ane ilang gan????? trus kira" agan ga' pnya pengalaman sama sekali buat bongkar laptop, apakah agan berani bongkar laptop agan sendiri sedangkan pengalaman ga' da gan???? mksudnya apakah ada efek kerusakan klo kita bongkar tanpa penglaman gan???
tolong bimbingannya gan... :)

Sebenernya pengalaman itu ada klo kita udah nyoba gan, ane juga baru pertama kali bongkar laptop saat laptop saya rusak, tapi sebelumnya agan juga harus nyari dulu infromasi" hardware laptop, jangan sampai saat bongkar gga tau mau ngapain, n lebih enak sii ditemenin sama temen yang memang sudah biasa bongkar pasang laptop.

Oya garansi ilang klo udah dibongkar sma tukang service.

Semoga bermanfaat. :)

Gan q mau nanya,lptopku merk compac presario c40
Klo nyalain pemutar video mp4 ato DVD tiba2 mati sendiri lo tuh gmna ya?? Terus. Cepat panas gito

mantep bos artikelnya..

http://ebook-aing.blogspot.com/

Kalo game yang berat apakah mati sendri atau gmn.?, RAMnya kecil mgkn gan, uninstal program-program yang gga terpakai.

Laptopku Toshiba L510.Emg sering panas dibagian bawahnya. Trus malam itu tiba2 mati. Udah sebulan aku biarin. Kira2 apa solusinya. Mksh






laptopku asus pas mau aku nyalain layar gamau nyala tapi lampu indikator nyala

pnjlasannya krang lgkp bro, laptopnya sudah berapa lama dipakai.??, biasanya klo udh lama dipakai ada komponen laptop yang sdkit rusak, kya hatsink atw hardisk yang kena, coba saja bawa ke galery toshibanya klo agan tidak bsa bongkr sendiri

waduh..saya kurang tahu klo itu sist.

Gan mau nanya..
Ini laptop saya kok sering mati sendiri ya..
Tidak dipakai buat apa", tapi kok CPUnya bisa sampai 50% keatas..abis itu mati sendiri..

Apa ada pengaruh karna hard disk hampir habis ?
Solusinya gmn ?

Terlalu byk aplikasi mgkn, udh pernah instal ulang.?

Mas itu Kalo Processornya doang yang diberi pasta lagi tapi gk pake cooling pad apakah mati lagi, oh yah dan juga kan kipas processornya rusak harus digantikan atau berdebu gimana tuh gan ?

Sebaiknya sii pake cooling pad aja mas byar gga mati lagi klo udh d.kasih pasta juga.

Coba tambahkan pasta di prosesornya gan, mgkn udah kering.

Gan kemaren yg ane laptopnya mati sendiri terus mau di install OS nya lagi sama temen, kata temen sih kena virus jadi harus scann terus apa bener gan ?

Iia kemngknan bsa jadi antivirusnya udah kadaluarsa, tinggal update tiap smggu sx aja gan klo mau bersih antivirus nya. Instal ulang, pasang anti virus (saya aviira free), jangan lupa tiap mggu di update anti virusnya.

Gan mau nanya..
Ini laptop saya kok sering mati sendiri ya..
tp kalau d cas nda mati kira2 apanya gan??

Batreinya mgkn gan udah drop.. :)

Wah...informasi yang yahud...terimakasih nih..sudah share info

Bang minta nomer hpnya dong. Netbook saya bermasalah nih. Panik

K' laptop aq sering mati kw lagi main game... Semenjak Kk'Q otak-atik katanya biar gak berat n Laload... apa gra" i2 y k' ?? Truss gmna cra baikinnya??

Bsa jadi gan karena banyaknya program juga, apusin aja program-program yang gga penting di komputer agan. :)

Komputer tidak bisa booting

Trims banyak gan, mantaap.....

Gan ada cara lain selain di bongkar

Tergantung permasalahan gan, kalau yang biasanya sih Sistem Operasi bermasalah. Coba instal ulang saja laptop/komptr nya..

bg mau nanya
laptop sy acer suka mati hidup ( mati kedap-kedip)
kalo lagi main bisa tiba-tiba gitu
dia bukan mati total bg tapi kedap kedip
pas pertama kejadian nya minggu kemaren karna buka aplikasi vlc (musik)
pas kedap kedip kan sya jadi panik sendiri
sya matiin, tpi bisa di hidup kan kyak sedia kala
tapi setelah lama udah berjam-jam bisa kayak gitu lagi?
itu gmana bg ?
aku tanyain temen kata nya hrus di bersihin, ada lagi kata nya keberatan trus ada lagi lcd nya
tp sistem lain kagak ada apa-apa sih
sya memang sering pake laptop buat download sih
tapi paling malam aja
mohon bantu share masalah nya bg?
terima kasih :)

Baru kali ini saya nemuin kasus kaya gitu, klo mnurut saya sih kayanya dari LCD nya sist, smoga ga kelap kelip lagi yaa. :)

bos, help me dong, laptop ane anehh nihhh.
laptop ane acer aspire v5-431. kalo ane install windows 7, laptop aman2 saja, bahkan ane pake sampe 2 hari tanpa ane matiin ga panas.
ketika ane ganti windows 8, kok laptop cepet panas, ga sampe 10 menit udah panas, trus akhir2'nya tuh laptop mati juga.
waktu di install windows 7, ane install juga DVD Driversnya, tapi waktu di windows 8 ane ga install DVDnya, karna ga support buat windows 8, cuma beberapa program aja yg ke install di windows 8. apa DVD Resourcenya ngaruh ? sekarang ane pake win 7 lagi.
Please commentnya,

Drivernya gga suport di windows 8 gan, saya menemukan artikel" di luar sana bahwa laptop agan kalo d instal windows 8 harus di masukkan driver tambahan di installer windows nya.

Lihat postingan ini kang :
1. http://komputersehari-hari.blogspot.com/2013/09/cara-menginstal-windows-8-di-laptop.html
2. http://fox-soft77.blogspot.com/2013/09/acer.html

oke gann thank's atas sarannyaa, ane jg lagii nyari solusinya teruuss..

Selamat siang, mau numpang tanya nih.1 bulan yang lalu netbook ku dell inspiron kmasukan air ujan. awalnya g tw klo ddlmnya dh kemasukan air ujannya, aku pake kyk biasanya, trs layarnya kedip2 dan mati. aku lht buka baterainya. ddlmnya udh kena air, abs itu g bsa di cash dan g mw nyala. aku bawa ke tmpt service orngnya blng g bsa. cz dblng udh mati total. jdinya aku musiumin aja. 1 bln kmudian. aku cba nyalain. trnyata bisa nyala dan bsa di cash. tp mslhnya skrng, setelah nyala bbrpa mnit layarnya mati. tp lmpu indikator masih nyala. cm layarnya yg mati. mnta tlng beri solusinya. trmksh.

mas, mu nanya, leptopku mati, ta mandi'in trus ta kafanin. beli nyawa dimna ya mas... biar idup lg tu leptop...

gan mau nanya,laptop saya penyakitnya kaya di atas suka mati2 sendiri,lg asik2 tau2 mati,dlu emang penyakitnya suka overheat,,udh dbersihkan dan tambah pasta,,tp wkt hbs di bersihin malah suka mati sendiri padahal sebelumnya ga pernah gan,,knp ya kira2?
Kalo pake cooling pad bgus aja ga ya gan? Soalx ada yg bilang pake cooling pad malah ga bagus

Gan mau tanya kalo laptop ane nyala trus dipake nah kadang2 tu laptop mati sendiri monitor nya trus nyala lagi.

gan komputer ane mati pas lagi maen game berat semacam counter strike ato cities in motion . itu kenapa ya gan , apa prosesornya yg kepanasan , apa power supplynya yg g kuat . Mohon solusinya gan , ganggu nih kalo lagi maen game mati sendiri .
Thx

gan, pacar ane punya laptop Acerbelakangan ini aneh gan... saat dipake, mendadak bisa mati tiba-tiba tanpa notif apapun... tapi abis mati, emang bisa hidup lagi... tapi mendadak bisa mati...

kondisi laptop pacar ane, baterainya matot alias mati total, jadi klo mau dipake mesti colok ke PLN. tadinya ane curiga apakah dari baterai dan chargernya bermasalah, so ane coba baterai dan charger dari laptop sejenis. setelah dipasang, laptop memang bisa hidup tanpa charger, tetapi tetep aja suka mati mendadak gitu....

nah, belakangan ini laptop itu malah makin aneh... saat booting dan muncul tulisan Starting Windows, selalu mati gan.... jarang banget bisa masuk ke desktop. sekalinya masuk ke desktop, pasti ga lama kemudian mati mendadak. kondisi ini berlaku baik untuk baterai + charger lama maupun baru.

pas dibawa ke acer center, teknisinya menganalisa bahwa windowsnya corrupt, jadi sarannya diinstal ulang aja... akhirnya diputuskan instal ulang....

permasalahannya, dalam proses instalasi ulang pun mengalami hal yang sama, yaitu mati mendadak saat instalasi. selalu demikian, proses instalasi tidak pernah berhasil....

sekarang laptop tsb ga bisa dipake, cz udh dibantai sama instalasi ulang yang ga berhasil.

kecurigaan ane:
1. terdapat bad sector dalam harddisk
2. motherboard rusak (setengah hidup)

so, buat agan-agan yang udah pengalaman, mohon bantuannya.
ada yang bilang overheat tp dah saya cek fan sama prosesor saya bersihkan dan pasta saya ganti tetap saja mati gan?

makasih yua gan,atas infonya sangat bermanfaatsekali
rajalistrik.com

Gan kalo mati pas dibuat game aja itu kira2 apa ?

mesti tidak ada proses yang jalan selain game. Coba' ane test bukak program yang berat2 secara bersamaan ya lancar2 aja malahan : photsohop cs5, dreamweaver, adoce flash, visual studio 2012. Lancar tapi ketika game langsung mati : dota1 atau dota2, Call Of Dutty 5

gan....mohon pencerahan...laptop ane kalo posisi tidak d cas trz mau nyalain mesti mati sendiri padahal tu batre udah penuh...pas coba pake cas bisa nyala...trz aq copot tu kabelx gpp normal2 gk mati lagi...kira2 kenapa y...

gan numpang tanya ,kipas laptop ane nyala 1-2 detik mati lagi terus nyala lagi .
jadi panas ke prosesornya .
makanya 5 menit kemudian suka mati .
kenAPA YAH ?

gan ... bantu aneh yang lagi galau nih hehehehe..
lapton ane, sony vaio kalo dipake ketik tiba-tiba mati, sebelum mati keluar kotak RUN trus tiba-tiba mati... pertama tak kira keyboardnya, uda saya ganti di tukang service, tapi tetap kayak gitu...mohon bantuan ya gan kira-kira apanya!!?

gan saya mau tanya kenapa laptop saya suka mati tanpa penyebab yang jelas gan,awalnya gara2 mati lampu. pas saya nyalain lagi,selalu mati pas starting pas,masuk bios pun ga bisa,setelah itu saya service,saya kira sudah benar ternyata masih saja,cuma ga separah sebelumnya. pasta ram udah saya ganti semua. kata tukang servicenya tu. chipset bla blanya harus di ganti cuman saya ga ngerti gan.

Gan kalo laptop saya mati sendiri tapi baru sekali pas lagi main game online battery tinggal 16 persen tiba tiba mati sendiri itu knp ya apa karna pengaruh batterynya tinggal 16 persen ?

Gan kalau ane mah kasusnya pas dicabut chargeranya pake batre trus mati sendiri itu knp yah?

gan laptop ane pas mo di idupin mati mulu,, trus idup lagi gan,, kadang bru 5 detik idup dah mati lagi gan,, pas mati kaya ada bunyi klik ny gan,, kenapa y gan

gan, ane punya laptop ASUS, core i3, HD 500 GB. udah hampir 3 tahun ane pake ga ada masalah.. tapi beberapa pekan ini, setelah ane idupin, tiba2 lepi mati ndiri.. kalo dipake buat muter lagu/film, langsung eror gitu truz mati ndiri.. apa udah kena mainboard ya gan? pdhl banyak data2 yg blm ane back-up.. gimana ya gan?

thanks yah gan! sangat membantu ! asli keren bgt ilmu nya dah !! sngat bermanfaat.

Makasih gan jgn lupa kunjungi http://mahmudh.blogspot.com

mas bro, laptop ane asus x452c masih baru udah 4 minggu, tapi akhir akhir ini laptopku sering mati ketika menjalankan office selama 2-3 jam tapi saya heran cuma pas saya menjalankan office aja. kalok saya nge game dan puter musik semaleman non;stop laptop ane nggak kenapa kenapa, kenepa ya? mohon infonya gan...thank'z

mas bro, laptop ane asus x452c masih baru udah 4 minggu, tapi akhir akhir ini laptopku sering mati ketika menjalankan office selama 2-3 jam tapi saya heran cuma pas saya menjalankan office aja. kalok saya nge game dan puter musik semaleman non;stop laptop ane nggak kenapa kenapa, kenepa ya? mohon infonya gan...thank'z

laptop ane muncul pesan error pas di idupin gan, trus kipasnya juga mati. apa harus di bawa ke tukang service atau service sendiri aja gan. ? makasih

kalo punya saya LCD nya mati..tapi aplikasi musik nya masih hidup...laptop hp windous 7,, dimna sob masak harus di cabut batu nya baru boleh buka laptop lagi apa permasalahan nya kawan...

kenap laptop sya sering mati sendiri gan ? kecuali kalau sambil nnton video baru ngga mati2.. nah kalau bres nnton nya mati lagi.. knpa ya ?

kenap laptop sya sering mati sendiri gan ? kecuali kalau sambil nnton video baru ngga mati2.. nah kalau bres nnton nya mati lagi.. knpa ya ?

gan ane mau tanya neh, netbook ku acer aspire one happy setiap tak pake sambil nge-charge layar kedip kedip tapi jedahnya lama trus sleep sendiri itu kenapa ya ?kalo servis habis berapaan????

Gan netbook ane masih bunyi aja trus mati tiba-tiba....?

Itu terkena virus.. Coba pakai ESET Nod32..

Gan laptop ane baru 3 bulan,,tapi tadi pass lagi main mati sendiri terus ane nyalain lagi 5menit kamudian mati lagi,,itu apanya ya yang rusak??

Gan laptop temenku sdah 3 bulan nggak kepake. Terus nggak nyala lagi. Nggak ada baterai nya


Gmana
.
?

bro mau tanya.. ini ane pake laptop merek HP seri G102 baru 2mingu aku pake tapi kenapa sering blue screen dan terus restart sendiri ya???
gimana ngatasinya bro? perlu aku balikin ke too ato ganti dg windows7 aja

hai ka mau nanya aku pake netbook transformer book, kmarin laptop aku bermasalah jadi bitlocker minta recovery terus2an. habis itu netbook aku 25-30 menit sesudah di nyalakan suka mati sendiri dan ternyata netbook aku banyak virusnya. aku kira itu gara2 virusnya. terus aku tanya ke tmn aku kata nya reset ulang aja netbooknya pasti virusnya ilang dan kembali sempurna. dan udh aku reset smwa data di nb aku ternyata tetep aja 25-30menit sesudah di nyalakan suka mati sendiri. aku bingung itu knp ya? padahal aku baru beli netbook ini 1thn yg lalu dan netbook ini berbentuknya seperti tab gitu yg layarnya bisa dicopot. tolong beri solusinya yah kaka:) hehehe makasih

Mass klok laptop qw pada saat mutar musikk t setelah nyampek setengah musiknya .. Tiba2 mati laptopnya knp y mas

minta infonya, laptop pny q asus x201e, klo ud 60% pasti mati, gbs d reboot lg, kira2 knp y?

Gan saya ada problem sama laptop saya. Laptop saya ASUS N46JV, udah 3x kena mati lampu dan kena hardboot gara2 mati lampu. Lalu akhirnya saya pasang batere laptopnya agar mencegah hardbooting lagi.

Lalu saat saya sedang bekerja laptop saya ngehang dan tidak bisa di-ESC atau close program, jadinya saya pencet tombol on yang lama.

Setelah itu saat saya mau nyalakan, alhasil laptop menyala namun hanya layar hitam, tidak bisa diapa2in. Itu kenapa ya gan? Minta solusi fast dong tapi nggak ngorek dompet, butuh buat skripsi gan. Mohon balas cepat yaa thanks

Kalo masuk bios langsung mati ??? Apanya ya gan ???

Kalo masuk bios langsung mati ??? Apanya ya gan ???

ini yang dicari
bisa buka laptop sendiri
terima kasih banyak ya

Misi om mau tanya, sy pengguna vaio seri E. Akhir" ini laptop sy suka restart n susah masuk windows, sekali masuk beberapa menit restart lagi. Padahal memori dan hdd sudah sy bersihkan, kira" dmn letak erornya.

Windows 7 64 bit, terima kasih


EmoticonEmoticon