-->

03 December 2013

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Berbagai Bidang - Saat ini bila kita membicarakan tentang teknologi tentu mengatakan sangat mudah mendapatkan teknologi yang canggih dan tepat guna. Seolah tidak ingin ketinggalan dengan negara lain, Indonesia juga menciptakan produk-produk baru dengan teknologi yang semakin ditingkatkan. TIK yang sering disebut sebagai teknologi komputer ini sebenarnya mencakup beberapa bagian bukan hanya mengulas tentang komputer saja. 

Teknologi Informasi Komputer ini mencakup tentang teknologi yang berhubungan dengan informasi dan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi. Teknologi yang mencakup informasi merupakan proses pengelolaan informasi melalui alat bantu dan sistem manipulasinya. Sedangkan bila teknologi dikaitkan dengan teknologi komunikasi maka hal ini berhubungan dengan proses dan transfer data dengan alat batu tertentu. 

Dari pengertian diatas tentu saja antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi sangat erat kaitannya satu sama lain. Kedua teknologi ini sangat penting untuk proses perkembangan dunia bahkan tanpa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi suatu negara akan jauh tertinggal dari negara lainnya. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar utama untuk pengembangan beberapa struktur organisasi. Banyak hal yang telah diciptakan dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi. Dari hal tersebut bisa menjadi perhtimbangan untuk kemajuan bidang industri, pendidikan, kesehatan, operasional negara dan beberapa penelitan ilmiah. Seolah tidak ingin ketinggalan dengan negara lainnya, di dalam negeri pun anak-anak bangsa telah menciptakan berbagai penemuan yang menakjubkan untuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 

Teknologi informasi dan komunikasi telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan bahkan semua bidang telah menggunakan teknologi untuk menciptakan produk dan tatanan yang berbeda. Berikut beberapa penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari: 

• Penerapan TIK dalam bidang pendidikan 
Bila negara ingin maju tentu yang pertama diperhatikan adalah bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada. Kemudian dari TIK tersebut bagi diterapkan pada berbagai bidang dan SDM yang ada.Pendidikan semakin berkembang dan semakin canggih dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi. Semakin canggih teknologi yang dimiliki maka semakin bagus pula pendidikan yang diterapkan pada peserta didik dan orang awam. Saat ini untuk mengembangkan pendidikan dapat ditempuh dengan berbagai cara seperti melalui internet, video maupun audio. Komunikasi yang dilakukan melalui internet diras lebih efektif dan efisien untuk pengembangan pendidikan sehingga proses pembelajaran semakin efisien. 

• Penerapan TIK dalam bidang bisnis 
Dalam dunia bisnis, teknologi informasi dan komunikasi sangat penting terutama untuk menciptakan produk baru yang lebih bagus dari produk sebelumnya.Hampir semua bisnis memanfaatkan TIK. Saat ini banyak dilakukan jual beli secara online atau dikenal dengan bisnis online, hal ini adalah salah satu pemanfaatan TIK dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan internet dan beberapa perangkat lainnya yang mendukung tersebut maka bisnis bisa semakin cepat berkembang. 

• Penerapan TIK dalam bidang kesehatan 
Dunia kesehatan juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, halini bisa ditunjukkan dari beberapa penerapan teknologi saat perawatan medis pasien, kemudahan dalam mendeteksi penyakit maupun pengobatan yang dilakukan baik dengan bedah atau operasi maupun pengobatan lainnya. Semakin pesat perkembangan teknologi informasi yang ada maka semakin canggih pula dunia medis yang diterapkan. 

• Penerapan TIK dalam dunia perbankan 
Dalam dunia perbankan pun teknologi informasi dan komunikasi juga sangat penting seperti dengan adanya internet banking. Penggunakan teknologi ini sangat menguntungkan nasabah karena sangat mudah digunakan dan tidak memungut biaya yang mahal. Beberapa penerapan teknologi tersebut memang bisa membuat kemajuan dunia yang luar biasa bahkan semakin berlomba masing-masing negara untuk menciptakan teknologi yang canggih dan lebih modern untuk kemajuan.


EmoticonEmoticon