15 December 2015

Di zaman yang serba modern dan maju seperti sekarang ini tentu saja teknologi sudah semakin berkembang sehingga untuk Anda yang memiliki suatu akun penting sebaiknya memperhatikan keamanannya agar nantinya tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itulah penggunaan kata sandi sangat penting untuk dimiliki karena kata sandi sendiri seperti gembok untuk bisa membuka rumah Anda, dan pada saat gembok tersebut terbuka tentu saja siapapun dapat masuk dan menerobos rumah Anda serta bisa juga mengotak atiknya. Begitupun juga dengan akun di dunia maya yang Anda miliki sangat perlu untuk dilindungi dengan menggunakan password yang benar. 

 
Sebuah tes kecerdasan siber yang dilakukan oleh Kaspersky Lab oleh pengguna menunjukan jika sebagian besar dari pengguna masih kurang waspada di dalam membuat dan juga penggunaan kata sandi dan tercatat hanya sebanyak 38% pengguna membuat kata sandi yang kuat di setiap akun yang mereka miliki. Sementara dari 7 pengguna hanya memiliki satu kata sandi saja yang sama pada setiap akun mereka. Para pengguna tersebut yang rentan mengalami kebocoran suatu dara dan jika memiliki kata sandi yang sama pada beberapa akun tersebut. Tingkat dari resiko ini juga tidak jauh berbeda dengan pengguna yang mana hanya memiliki password pada jumlah akun yang mana cukup banyak sehingga mereka menggunakan variasi serta pola password yang sama.

Menurut survey lain yang mana dilakukan oleh Kaspersky Lab juga yang membuat situasi menjadi semakin rumit yaitu sepuluh dari pengguna cederung menggunakan password kurang dari 8 karakter sementara untuk 12% lainnya enggan untuk membuat sebuah password yang memang sulit untuk ditebak karena takut lupa sehingga akun tidak bisa dibuka. Misalnya saja penggunaan huruf besar, kemudian penggabungan dari angka dan juga huruf maupun tanda baca dan trik serupa yang lainnya. Hasil dari penelitian tersebut juga mengungkapkan jika sebagian besar pengguna membahayakan keamanan dengan menempatkan kata sandi yang mana dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja di atau di tempat yang tidak aman. 

Sebagian besar dari mereka juga mengaku jika mereka meletakan password tersebut pada secarik kertas, telephone genggam, komputer atau menyimpannya pada browser dengan alasan takut lupa. Bahkan pada saat browser menawarkan layanan dari penyimpanan log in dan juga password sebagian dari pengguna cenderung menyetujuinya dan hal tersebut tentu saja memiliki resiko yang besar jika perangkat yang digunakan untuk menyimpan kata sandi beralih ke tangan orang lain, terlebih lagi ke tangan oknum yang tiak bertanggung jawab.

Sikap yang ceroboh kepada password tersebut juga bisa dijelaskan oleh para pengguna yang memang meyakini bahwa tidak ada informasi yang penting yang mana memiliki sifat rahasia tersimpan di dalam komputer milik mereka dan hal tersebut dipercayai oleh 27% dari total responden tanpa mengetahui jika password dan juga log in mereka menjadi sasaran favoriit untuk para penjahat siber dan oknum tidak bertanggung jawab yang lainnya. Dan sayangnya memang tidak banyak orang yang memahami secara benar skala dari ancaman yang muncul dari penggunaan fasilitas internet sehingga tidak cukup serius di dalam melindungi berbagai data online milik pribadi mereka sehingga nantinya akan dapat meningkatkan resiko kehilangan data atau perubahan data secara signifikan. 

Jadi memang penggunaan password sangat penting sehingga jika Anda ingin akun Anda aman, maka ada baiknya jika Anda tidak menganggap remeh password yang digunakan dan akan lebih baik jika Anda membuatnya serumit mungkin namun tetap Anda mengerti dan ingat – ingat.


EmoticonEmoticon